Landasan dan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013

Warta Guruku-Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Landasan dan Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum 2013. Landasan pengembangan kurikulum 2013 mengacu pada landasan filosofis, landasan yuridis, dan landasan konseptual. Dimana ketiga landasan tersebut pada dasarnya untuk menciptakan insan atau generasi Indonesia yang bisa menghadapi tantangan masa depan.

Baiklah, langsung saja kita bahas.
   
Landasan Pengembangan Kurikulum 2013
Menurut E. Mulyana (2013) menyatakan bahwa Pengembangan Kurikulum 2013 dilandasi secara filosofis, yuridis, dan konseptual. Adapun penjelasannya sebagai berikut.
1) Landasan Filosofis
Beberapa filosofi yang melandasi kurikulum 2013, yaitu

  • Filosofi pancasila yang menunjukkan banyak prinsip dasar dalam pembangunan pendidikan.
  • Filosofi pendidikan yang berdasarkan pada nilai-nilai luhur, nilai akademik, kebutuhan peserta didik, dan masyarakat. 

2) Landasan Yuridis
Beberapa dasar hukum yang melandasi kurikulum 2013, yaitu:
  • RPJMM 2010-2014 Sektor Pendidikan, tentang Perubahan Metodologi Pembelajaran dan Penataan Kurikulum. 
  • PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 
  • INPRES No. 1 Tahun 2010, tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional, Penyempurnaan Kurikulum, dan aktif menurut nilai-nilai budaya bangsa untuk membentuk daya saing bangsa.
3) Landasan Konseptual
Beberapa konsep yang melandasi kurikulum 2013, yaitu:
  • Relevansi Pendidikan (link and match). 
  • Kurikulum berbasis Kompetensi dan Karakter.
  • Pembelajaran Kontekstual (contestual teaching and learning). 
  • Pembelajaran Aktif (student active learning).
  • Penilaian yang valid, utuh, dan menyeluruh. 
Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum 2013  
Kemendikbud mengembangkan kurikulum 2013 berdasarkan kondisi negara, kebutuhan masyarakat, dan perkembangan serta perubahan yang begitu pesat dewasa ini. Pengembangan kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi perlu memperhatikan dan mempertimbangkan prinsip-prinsip berikut: 
  1. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  2. Kurikulum pada seluruh jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan karakteristik peserta didik. 
  3. Mata pelajaran merupakan sebuah wadah untuk mewujudkan pencapaian kompetensi.
  4. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) diuraikan dari tujuan pendidikan nasional dan kebutuhan masyarakat, negara, serta perkembangan global.
  5. Standar Isi diuraikan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
  6. Standar proses diuraikan dari Standar Isi.
  7. Standar Penilaian diuaraikan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, dan Standar Proses. 
  8. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) diuraikan ke dalam Kompetensi Inti (KI).
  9. Kompetensi Inti (KI) diuraikan ke dalam Kompetensi Dasar (KD) yang disesuaikan dalam suatu mata pelajaran.
  10. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan proses dan produk.
  11. Proses pembelajaran menerapkan pendekatan ilmiah (scientific approach).
Demikian pembahasan mengenai landasan dan prinsip pengembangan kurikulum 2013, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.

No comments:

Post a Comment