Warta Guruku-Istilah pendekatan, model, strategi, metode, taktik, teknik tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Semuanya istilah ini digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun penjelasannya sebagai berikut.
- Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang proses yang sifatnya masih sangat umum. Terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan (2) pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru.
- Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan perencanaan yang memuat rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi Pembelajaran juga dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan siswa dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar tertentu.
Menurut Rowntree (dalam Wina Sanjaya), Strategi Pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu Strategi Pembelajaran Penyampaian Penemuan dan Strategi Pembelajaran Kelompok dan Individual.
- Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran merupakan suatu suatu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam bentuk kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode dalam pembelajaran, misalnya metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode pemberian tugas, metode eksperimen, dan metode demonstrasi.
- Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran merupakan suatu cara yang dilakukan seorang guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara lebih khusus. Penerapan teknik pembelajaran dengan jumlah siswa sedikit tentu akan berbeda dengan penerapan pada jumlah siswa yang lebih sedikit.
- Taktik Pembelajaran
Taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang guru dalam melakukan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. Misalnya ada dua orang guru yang sama-sama memakai metode diskusi, tetapi mungkin akan sangat berbeda dalam taktik yang digunakan dalam pembelajaran.
- Model Pembelajaran
Model pembelajaran pada intinya adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga simpulan yang disajikan secara khas oleh seorang guru. Model pembelajaran juga dapat diartikan sebagai bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Menurut Bruce Joyce dan Marsha Weil (dalam Dedi Suptiawan dan A. Benyamin Surasega, 1990), terdapat empat kelompok model pembelajaran, yaitu:
- Model Interaksi Sosial, yaitu model yang menekankan pada hubungan personal dan sosial kemasyarakatan diantara peserta didik. Model ini berfokus pada peningkatan kemampuan siswa dalam bekerjasama dengan orang lain, terlibat dalam proses yang demokratis, dan bekerja secara produktif dalam masyarakat.
- Model Pengolahan Informasi, yaitu model yang menekankan pada pengambilan, penguasaan, dan pemrosesan informasi. Model ini berfokus pada fungsi kognitif siswa.
- Model Personal-Humanistik, yaitu model yang menekankan pada pengembangan konsep diri setiap individu. Hal ini meliputi pengembangan proses individu dan membangun serta mengorganisasikan dirinya sendiri.
- Model Modifikasi Tingkah Laku, yaitu model yang menekankan pada perubahan sikap yang tampak dari siswa. Model ini menekankan bahwa tugas-tugas harus diberikan kepada siswa dalam suatu rangkaian yang kecil, berurutan, dan mengandung sikap tertentu.
Demikian yang dapat kami bagikan tentang pendekatan, model, strategi, metode, taktik, dan teknik pembelajaran. Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
No comments:
Post a Comment