Lomba Penelitian Ilmiah Guru (LPIG) Se-Bali Tahun 2017

HMJ Pendidikan Fisika menyelenggarakan LPIG bagi Guru TK, SD, SMP,SMA/SMK, dan Guru pada lembaga pendidikan lainnya Se-Bali. adapun tema yang diangkat, yaitu:

PENELITIAN GURU MANDIRI, BERKARAKTER, DAN BERKELANJUTAN, MENDULANG KOMPETENSI DAN PRESTASI

DI ERA KOMPETISI

Rasional
Era pengetahuan sekarang ini ditandai oleh adanya pergeseran peran manufaktur ke sektor jasa berbasis pengetahuan. Salah satu implikasinya, bahwa guru tidak hanya berperan sebagai fasilitator pembelajaran dan pendidik di sekolah, tetapi juga sebagai pengembang keilmuan melalui penelitian-penelitian ilmiah.
Pergeseran paradigma tersebut mendorong  Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNDIKSHA yang mengemban salah satu tugas melaksanakan kegiatan penelitian di bidang pendidikan, telah menetapkan Visi, Misi, dan tujuan yang jelas dan operasional.
Visinya adalah “mewujudkan Jurusan Pendidikan Fisika yang unggul dalam mengembangkan penelitian yang  berbudaya dan berkearifan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945”. Untuk merealisasikan Visi tersebut, salah satu Misinya adalah “memfasilitasi kreativitas peneliti, baik di dalam maupun di luar UNDIKSHA”. Salah satu tujuannya adalah “mendukung gagasan kreatif dalam penelitian bagi peneliti UNDIKSHA, para guru di sekolah, dan masyarakat di instansi-instansi lainnya”. Oleh sebab itu,kegiatan-kegiatan ilmiah yang mendukung tumbuh kembangnya budaya meneliti unggul bagi para peneliti di dalam dan di luar UNDIKSHA sangat perlu untuk dilakukan secara berkesinambungan.

    Berdasarkan rasional tersebut, dan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Jurusan Pendidikan Fisika UNDIKSHA yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika pada bulan September 2017 mengadakan kegiatan Lomba Penelitian Ilmiah Guru (LPIG). Kegiatan LPIG bagi para guru sangat penting dilakukan untuk memfasilitasi mereka mengembangkan kompetensi pedagogi, profesional, sosial, dan personal.

Fasilitas

Semua peserta LPIG akan diberikan piagam perhargaan tingkat provinsi. Untuk peserta di atas 30 orang, 15 orang peneliti unggul akan diundang untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dalam forum seminar, dan kepada yang bersangkutan akan diberikan piagam sebagai penyaji makalah seminar. Kepada empat peneliti yang paling unggul disediakan hadiah uang sepantasnya dan sertifikat juara lomba penelitian. Fasilitas untuk peserta yang belum unggul adalah 1 lembar piagam pelatihan tingkat provinsi pola 30 jam, bagi 15 peneliti unggul adalah 1 lembar piagam sebagai peserta pelatihan tingkat provinsi pola 30 jam dan 1 lembar piagam sebagai penyaji makalah seminar tingkat provinsi, dan bagi 4 peneliti paling unggul adalah 1 lembar piagam sebagai peserta pelatihan tingkat provinsi pola 30 jam, 1 lembar  piagam sebagai penyaji makalah tingkat provinsi, 1 lembar piagam sebagai pemegang juara, dan sejumlah uang pembinaan. Di samping itu, bagi 15 orang peneliti unggul dan peserta seminar akan disediakan komsumsi selama proses presentasi.
 
Kontribusi Peserta
Peserta LPIG dikenakan iuran sebesar Rp 400.000. Biaya tersebut digunakan untuk biaya administrasi, konsumsi seminar selama satu hari, pembuatan piagam, dan uang pembinaan 4 orang peneliti terunggul.

Kriteria LPIG
Hasil penelitian yang boleh didaftarkan sebagai bahan lomba adalah hasil penelitian 2015-2017. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah (1) hasil penelitian belum pernah diikutkan dalam lomba karya ilmiah yang dibuktikan dengan adanya surat keterangan kepala sekolah, (2) ada lembar pengesahan yang ditanda tangani oleh guru dan diketahui oleh kepala sekolah, (3) bidang garapan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, (4) laporan ditulis dalam kertas A4 dengan huruf Time New Roman/Arial/Tahoma font 12, dikumpulkan 3 rangkap, (5) hasil penelitian dijilid dengan cover warna sesuai selera, (6) membayar uang pendaftaran sebesar Rp 400.000,-, (7) melampirkan surat keterangan kepala sekolah bahwa hasil penelitian tersebut belum pernah dilombakan dalam LPIG.

Jadwal Lomba
Jadwal
Kegiatan
1-20 Mei 2017
Sosialisasi ke sekolah-sekolah
2 Agustus s.d 9 September 2017
Pendaftaran dengan melampirkan Laporan Penelitian 3 (tiga) rangkap yang dijilid warna sesuai selera
11-15 September 2017
Evaluasi Instatik untuk menentukan 15 finalis
16-18 September 2017
Pemberitahuan 15 finalis lewat telpon  dan jadwal presentasi defenitif
26 September 2017
Evaluasi indinamik 15 guru finalis diundang di Jurusan Pendidikan Fisika UNDIKSHA


Tempat Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan di Fakultas MIPA  UNDIKSHA setiap hari kerja dari jam 08.00-16.00 WITA. Pendaftaran dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok dengan datang langsung ke alamat berikut:
Kampus FMIPA UNDIKSHA.
Jl. Udayana, No.11, Singaraja, Bali.
Atau dapat dilakukan secara online ke website HMJ Pendidikan Fisika (http://fisika.undiksha.ac.id/hmj)
Contact Person:
Erika                : 085737302916
Ulan                 : 087861225863


"Semoga bermanfaat untuk Guru-guru yang ada di Bali"

No comments:

Post a Comment