Seminar Nasional II

Rasional
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 41 ayat (3) mengamanatkan pemerintah pusat dan daerah wajib memfasilitasi satuan pendidikan dengan pendidik dan tenaga kependidikan yang diperlukan untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu dan berkarakter. Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang berfungsi untuk menyiapkan peserta didik agar dapat menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan lokal, nasional, dan global. Pendidikan yang berkarakter adalah pendidikan yang memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan pelibatan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat. Untuk mewujudkan amanat undang-undang tersebut, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) berkewajiban memfasilitasi pengembangan profesi guru.
Pengembangan profesi guru dapat dilakukan melalui kegiatan penulisan karya tulis ilmiah, publikasi ilmiah, dan presentasi dalam forum ilmiah. Penulisan karya tulis ilmiah bagi guru harus mengikuti tata cara/selingkung yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagaimana tercantum dalam Buku V Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tahun 2016.
Dalam rangka memfasilitasi pengembangan profesi guru, Kemendikbud melalui Ditjen GTK menyelenggarakan seminar dengan tema Membangun Guru Pendidikan Dasar yang Profesional dan Berkarakter.

Tujuan
1. Memotivasi guru dalam berkarier;
2. Memotivasi guru untuk menulis karya tulis ilmiah;
3. Mendiseminasikan gagasan atau hasil penelitian yang aktual; dan
4. Memfasilitasi guru untuk mendapatkan angka kredit.



Sasaran

Sasaran Seminar Nasional Tahun 2017 adalah guru pendidikan dasar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Waktu dan Tempat
Kegiatan Seminar Nasional Tahun 2017 dilaksanakan pada:
Hari : Selasa s.d. Jumat
Tanggal : 24 s.d. 27 Oktober 2017
Tempat : Hotel Swissbel Mangga Besar
Jl. Kartini Raya No. 57 Pasar Baru Jakarta Pusat


Tema dan Subtema
Tema Seminar Nasional Tahun 2017 adalah “Membangun Guru Pendidikan Dasar yang Profesional dan Berkarakter” dengan subtema sebagai berikut.
1. Pengembangan Karier Guru
2. Pengembangan Kompetensi Guru
3. Penguatan Pendidikan Karakter
4. Peningkatan mutu pembelajaran
5. Pengembangan literasi dasar
6. Pedagogik literasi digital
7. Pembelajaran berbantuan teknologi Informasi
8. Pembelajaran teknologi digital bergerak (mobile learning)
9. Perlindungan guru
10. Pengembangan keterampilan abad 21

Peserta
Peserta Seminar Nasional Tahun 2017 adalah guru pendidikan dasar di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki NUPTK yang lolos seleksi teknis akademis dan administrasi secara online.



Mekanisme Selekasi makalah

Mekanisme seleksi makalah terdiri dari tahapan sebagai berikut.
1. Seleksi administratif
Dilakukan secara online oleh panitia sesuai dengan kuota yang tersedia.
2. Seleksi abstrak
Dilakukan secara online oleh reviewer.
3. Seleksi makalah untuk dipresentasikan
Dilakukan oleh reviewer untuk memillih makalah yang layak dipresentasikan berdasarkan kelayakan naskah, similarity dan citacy dengan toleransi maksimal 30%.
4. Seleksi makalah untuk diposterkan
Makalah untuk diposterkan dipilih dari makalah yang tidak lolos seleksi tahap 3 sesuai kuota.

No comments:

Post a Comment